Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fotografer Ini Bikin Pacar Bohongan Menggunakan AI Gegara Sering Ditanya Kapan Nikah

Gegara Sering Ditanya Kapan Nikah, Fotografer Ini Bikin Pacar Bohongan Menggunakan AI
Fotografer bernama Unmesh Dinda buat pacar palsu menggunakan AI. (Foto: YouTube/PiXimperfect)

Lepiku.id - Bagi beberapa orang yang masih menjomblo hingga umur yang memang sudah waktunya menikah. Pasti sebagai orang yang ditanya akan risih jika ditanya kapan nikah terus-terusan. Dan pertanyaan itu umumnya sering ditanyakan oleh kerabat keluarga.

Fenomena itu juga sering dialami oleh seorang fotografer bernama Unmesh Dinda. Karena saking seringnya ditanya kapan nikah akhirnya dirinya membuat pacar bohongan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Fotografer tersebut membuat pacar bohongan yang seolah berpose dengan beberapa wanita saat liburan. Para wanita yang tampil di sebelahnya adalah hasil rekayasa AI. Padahal hanya dia seorang saja yang ada di foto-foto tersebut. 

Meskipun foto-foto tersebut hasil rekayasa foto menggunakan AI dan telah mengalami pengeditan, akan tetapi hasilnya terlihat begitu realistis.

"Jika kerabat kamu lebih khawatir soal pernikahan dibanding diri kamu, kamu perlu mengirim foto seperti ini kepada mereka. Ini akan membuat mereka bertanya-tanya untuk sementara waktu," ujar Dinda di video YouTube-nya yang berjudul 'this girl does not exist...'.

Proses Membuat Pacar AI

Fotografer Ini Bikin Pacar Bohongan Menggunakan AI Gegara Sering Ditanya Kapan Nikah
Fotografer bernama Unmesh Dinda buat pacar bohongan menggunakan AI. (Foto: YouTube/PiXimperfect)

Di channel YouTube PiXimperfect miliknya, Dinda membeberkan bahwa dirinya membuat pacar bohongan menggunakan AI Dall-E. Pertama-tama dia hanya melakukan selfie lalu menghapus sebagian gambar menggunakan fitur inpainting.

Setelah menghapus sebagian gambar, Dinda memasukan prompt atau mengetik "pria dengan pacar" yang kemudian AI men-generasi beberapa foto bersama pacar palsu.

Kemudian Dinda memilih pacar palsu dan kemudian memperbaiki dan menyempurnakan lagi foto tersebut menggunakan fitur outpainting.

Namun, hasil foto tersebut belum cukup realistis. Jadi Dinda memotong wajah pacar palsunya dari foto tersebut dan mengekspornya ke software pengeditan foto AI lain yaitu GFP-GAN. Setelah selesai, foto bersama pacar palsu tersebut menjadi realistis.

Langkah terakhir sebagai penyempurnaan foto tersebut diedit lagi menggunakan Photoshop untuk mensejajarkan ke gambar aslinya dan hasilnya sangat nyata.

"Tunjukkan foto ini kepada seseorang dan tanyakan apa yang diedit, 90 persen orang akan sulit untuk menjawabnya," imbuh Dinda.

Menghapus Mantan

Fotografer Ini Bikin Pacar Bohongan Menggunakan AI Gegara Sering Ditanya Kapan Nikah
Fotografer bernama Unmesh Dinda sedang mengahpus foto. (Foto: YouTube/PiXimperfect)

Fotografer itu juga menunjukkan bagaimana teknik yang digunakannya juga bisa menghapus foto mantan pacar yang sulit dilupakan.

Masih dengan bantuan DALL-E, Dinda menghapus orang yang ingin dihilangkan dan menggantinya dengan gambar lain di bagian yang telah dihapus.

sumber:
https://teknologi.id/insight/solusi-sering-ditanya-kapan-nikah-fotografer-ini-ciptakan-pacar-menggunakan-ai
https://www.indozone.id/tech/lNsY7Wo/sering-ditanya-kapan-nikah-fotografer-ini-buat-pacar-bohongan-gunakan-ai/read-all