Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Huruf di Keyboard Tidak Berurutan Sesuai Abjad? Ini Alasannya

Alasan Kenapa Huruf di Keyboard Tidak Berurutan Sesuai Abjad
Alasan kenapa susunan huruf pada keyboard acak alias tidak sesuai abjad. (Foto: Pixabay)

Lepiku.id - Sebagai pengguna smartphone, laptop maupun komputer, pasti menyadari kalau peletakan huruf pada keyboard tidak sesuai dengan urutan abjad/alfabet. 

Lalu, apa alasan huruf yang ada di keyboard tidak urut abcd atau abjad?

Alasan Huruf pada Keyboard Tidak Berurutan Sesuai Abjad

Agar bisa memahami alasan susunan huruf pada keyboard QWERTY, maka harus diketahui juga bagaimana sejarahnya ketika mesin tik dimanfaatkan banyak orang pada akhir abad ke-19.

Dilansir dari laman Bobo, Pada tahun 1868, keyboard pertama kali dibuat dalam bentuk mesin ketik. Papan ketik ini ditemukan oleh Christopher Latham Sholes. Awalnya, bentuk mesin ketik sangat sederhana, masih memakai tangkai.

Jika kita tekan, tangkai tersebut akan bergerak dan mencetak huruf di kertas yang sudah disediakan pada mesinnya.

Waktu itu, Christopher menciptakan mesin ketik yang hurufnya masih sesuai abjad ABCD. Karena orang-orang sudah hafal dengan urutan abjad itu, mengetik pun menjadi lebih cepat dan mudah.

Akan tetapi, seperti dilansir dari laman detikedu, ternyata ada masalah yang timbul dari susunan keyboard yang seperti itu. Pengetikan yang cepat justru membuat karakter huruf yang letaknya saling berdekatan jadi menempel satu sama lain.

Hal itu kemudian menambah pekerjaan penggunanya yang harus memisahkan setiap huruf satu sama lain sebelum melanjutkan pekerjaan. Kendala ini sering dijumpai untuk karakter huruf yang berdekatan dan sering digunakan bersamaan.

Melihat kerumitan ini, Sholes kemudian membuat daftar seluruh kombinasi huruf yang kerap muncul dalam bahasa Inggris. Setelah mempelajarinya, maka dia menemukan tata letak keyboard yang baru.

Tujuan penyusunan huruf yang baru yaitu untuk menempatkan abjad-abjad tersebut saling berjauhan, sehingga kemungkinan karakter di mesin tik saling menempel bisa dicegah.

Adanya komputer kemudian menggantikan mesin tik dengan cepat. Tetapi, pada waktu itu timbul kendala lainnya. Orang-orang yang mengoperasikan mesin tik ialah orang-orang yang sama yang selanjutnya mengoperasikan komputer.

Melatih banyak orang untuk mengoperasikan mesin yang baru dinilai tidak sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Sehingga, keyboard komputer pun hadir dengan tata letak huruf yang serupa dengan yang ada di mesin tik.

Nah, itulah tadi alasan kenapa huruf pada keyboard tidak berurutan sesuai abjad. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pengertian Monitor, Fungsi dan Jenis-Jenisnya