Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hacker Retas 3 Situs Kampus di Yogyakarta, UGM Salah Satunya

3 Situs Kampus di Yogyakarta Diretas, UGM Salah Satunya
Ilustrasi peretasan. Sejumlah situs milik beberapa kampus di Yogyakarta diduga diretas Bangsin [SENPAIXCREW & TEAM]. (Foto: Ist)

Lepiku.id - Sebanyak 3 situs resmi dari beberapa perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diretas. Serangan siber itu diduga dilakukan oleh kelompok yang menamai dirinya Bangsin [SENPAIXCREW & TEAM].

Beberapa situs kampus itu di antaranya milik Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Untuk peretasan situs resmi milik UGM sendiri terpantau dilakukan pada beberapa website. Mulai dari Museum UGM, Fakultas Ilmu Budaya, Departemen Arkeologi dan lainnya. 

Baca Juga: 2,4 Terabyte Data Pengguna Microsoft Diduga Bocor

Di situs resmi milik Museum UGM misalnya, ada sebuah pesan cukup panjang tertulis di halaman utama website tersebut. Seperti ini kira-kira pesan yang disampaikan hacker dalam situs itu. 

"Hallo Bangsin Was Here, Gretings From Activist Indonesia,

Kami Menemukan Beberapa Konten Seksual Sedang Di Perjual Belikan Di Sebuah Forum Yang Melibatkan Mahasiswa Indonesia Dengan Atribut Identitasnya, Tentunya Ini Sangat Mencoreng Generasi Bangsa Yang Tidak Patur Menjadi Contoh,

Dengan Ini Kami Berniat Memberikan Himbauan Kepada Seluruh Pihak Universitas Terkait Di Seluruh Universitas Indonesia Agar Lebih Serius Dan Tegas Dalam Menanggapi Tindak Seksual Yang Di Alami Mahasiswa Terhadap Pelaku Dan Memberikan Edukasi Kepada Mahasiswa Dalam Bergaul Baik Di Lingkungan Belajar Atau Di Luar ..Salam Hormat..

<[ SENPAIXCREW & TEAM ]>

Kabag Humas dan Protokol UGM Dina W Kariodimejo membenarkan peretasan tersebut. Dia menyebut saat ini penanganan masih terus dilakukan pihak terkait untuk memulihkan sejumlah situs tersebut.

Baca Juga: Mulai Bulan Depan, TikTok Larang Remaja di Bawah Umur Lakukan Live Streaming

"Menanggapi informasi mengenai website UGM yang diretas, dapat kami informasikan bahwa salah satu akun pengelola website mengalami peretasan dan menyebabkan celah keamanan. Saat ini insiden keamanan telah ditangani oleh Tim DSSDI UGM. Lalu sebagai langkah lanjutan. Tim melakukan evaluasi dalam menjaga keamanan website," papar Dina, dalam keterangannya, Senin (24/10/2022).

sumber: 
https://jogja.suara.com/read/2022/10/24/124319/sejumlah-situs-kampus-di-jogja-diretas-ugm-salah-satunya
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20221024112632-192-864538/3-situs-milik-kampus-yogyakarta-diretas-1-punya-ugm