Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segera Hapus! 4 Aplikasi Android Ini Bisa Rampok Rekening Kamu

Berikut ini 4 aplikasi android yang bisa rampok rekening kamu. (Foto: Ilustrasi/Ist)

Lepiku.id - Berhati-hatilah ketika mengunduh aplikasi Android di HP Kamu. Pasalnya, ada sejumlah aplikasi Android diketahui mengandung Trojan Sharkbot dan berhasil menghindari keamanan Google Play Store. 

Trojan ini membuat aplikasi berbahaya dan bisa merampok rekening para pengguna smartphone.

Dia lolos dari keamanan Google Play Store dengan menyamar sebagai aplikasi Antivirus. Alih-alih melindungi HP dari pencurian data, keamanan ponsel malah terancam akibat terinjeksi trojan ini.

Sebagai informasi, Sharkbot ini sama halnya dengan malware sejenis trojan keuangan yang bisa mencuri uang dengan cara menyusup ke perangkat korbannya. Lebih parahnya, Sharkbot juga memiliki kemampuan melakukan transaksi tidak sah lewat Automatic Transfer Systems (ATS).

Baca Juga: Hati-Hati! 16 Aplikasi Android Ini Terinfeksi Malware Clicker

"Fitur ATS memungkinkan malware menerima daftar peristiwa yang akan disimulasikan dan mereka akan disimulasikan untuk melakukan transfer uang," kata analis malware perusahaan keamanan siber NCC Group, Alberto Segura dan Rolf Govers, dikutip dari The Hacker News, Rabu (2/11/2022).

Fitur ini dapat digunakan untuk simulasi sentuhan dan penekanan tombol. Jadi tidak hanya untuk mengirimkan uang secara otomatis, akan tetapi memasang aplikasi atau hal berbahaya lain.

Baca Juga: Curi dan Jual Lagu Ed Sheeran yang Belum Rilis, Hacker Spidark Dipenjara 18 Bulan

Artinya, ATS bisa digunakan untuk menipu sistem deteksi fraud bank yang ditargetkan. Dengan cara melakukan simulasi urutan tindakan yang dilakukan pengguna seperti menekan tombol klik dan gerakan melakukan pengiriman uang secara ilegal.

Dilansir dari cnbcindonesia, fitur Sharkbot lainnya adalah bisa membuat lapisan ilusi antarmuka aplikasi palsu di atas aplikasi perbankan resmi. Tujuannya mencuri kredensial, mencatat penekanan tombol dan mendapatkan kendali jarak jauh penuh pada perangkat. Ini dilakukan dengan catatan para korban memberikan izin Layanan Aksesibilitas.

Baca Juga: Hacker Retas 3 Situs Kampus di Yogyakarta, UGM Salah Satunya

Lantas, aplikasi apa saja yang berbahaya bagi HP dan bisa merampok rekening bank?

Berikut 4 Aplikasi yang mengandung Sharkbot yang berbahaya bagi keamanan HP dan juga isi rekening Kamu.

  1. Antivirus, Super Cleaner (com.abbondioendrizzi.antivirus.supercleaner)
  2. Atom Clean-Booster, Antivirus (com.abbondioendrizzi.tools.supercleaner)
  3. Alpha Antivirus, Cleaner (com.pagnotto28.sellsourcecode.alpha)
  4. Powerful Cleaner, Antivirus (com.pagnotto28.sellsourcecode.supercleaner)

Itulah 4 Aplikasi Android yang Bisa Merampok Rekening Kamu.